Kamis, Agustus 05, 2004

Sains dan Al Qur'an

Beberapa ayat Al Qur'an tentang keterkaitan antara Sains dan Al Qur'an


1. Musa berkata : Tuhan kami ialah Tuhan yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya dan memberinya petunjuk ( QS 20 : 50 )

2. Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Paling Tinggi Yang Menciptakan dan menyempurnakan penciptanNya dan menentukan kadar masing-masing dan memberi petunjuk ( QS 87 : 1,2,3 )

3. Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran ( QS 54 : 49 )

4. Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kamilah khasanahnya dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu ( QS 15 : 21 )

5. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya. ( QS 36 : 40 )

6. Dia yang menciptakan tujuh langit yang berlapis-lapis di dalam ciptaanYang Maha Pengasih ini engkau tidak akan menemukan kejanggalan. Perhatikanlah Adakah engkau menyaksikan sesuatu yang tidak seimbang ( cela )? Perhatikanlah berulang-ulang, maka pandangan akan kembali kepada dirimu yang hina dan letih ( di dalam usaha untuk menemukan diskontinuitas dan ketidakteraturan di alam semesta ) ( QS 67 : 3-4 )

7. Dan kalian menyaksikan gunung yang kalian sangka kokoh ( dan tetap padatempatnya ). Tetapi sebenarnya gunung-gunung itu bergerak bagaikan awan-itulah ciptaan dari Allah yang telah menyempurnakan ( penciptaan ) setiap sesuatu ( QS. 27 : 88 )

8. Wahai bangsa jin dan manusia ! Jika kalian merasa sanggup menyusup kepelosok-pelosok langit dan bumi, maka pergilah dan menyusuplah kalian tidak akan sanggup menyusup kecuali berdasar sulthan ( otoritas dan kekuasaan yang bersumber dari ilmu pengetahuan ) ( QS. 55 : 33 )

9. Tidaklah yang telah menciptakan segala sesuatu di bumi untukku ( atau : telah menciptakan apa-apa yang di bumi untuk kamu sekalian ) ( QS 2 : 29 )

10. Tidaklah kamu saksikan betapa Allah telah membuat apa-apa yang di langit dan di bumi tunduk kepadamu ? ( QS 31 : 20 )

11. Allah adalah Dia yang telah membuka laut tunduk kepadamu sehingga kamu dapat berlayar dengan perintahNya dan dapat mencari rezeki Allah ( melalui perdagangan ) serta bersyukur ( QS 45 : 12 )

12. Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di bumi semuanya, (Sebagai rahmat) dari pada Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. ( QS : 45 : 13 )


Demikianlah beberapa ayat-ayat Alqur'an yang berhubungan dengan Sains.


Tidak ada komentar: